TIPS-TIPS

1). Cara Agar Mudah Mengingat dan Menghafal


Cara Mudah Mengingat dan Menghafal Pelajaran - Mengingat pelajaran sekolah adalah salah satu hal yang sangat penting agar pada saat ada ujian ulangan kamu akan lebih mudah menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dengan mengingat pelajaran yang sehari-hari dipelajari, maka kemungkinan besar pada saat ulang kamu akan mendapatkan nilai bagus bahkan mungkin bisa menjadi juara di kelas.

Salah satu langkah yang paling cerdik untuk tetap mengingat berbagai pelajaran yang dipelajari sehari-hari disekolah adalah dengan cara menghafalnya. Dalam hal ini agar pelajaran mudah kamu ingat, maka ada tips mudah menghafal pelajaran yang mungkin bisa kamu lakukan. Adapun tips mudah menghafal pelajaran tersebut akan disajikan secara lengkap melalui tulisan kali ini.

Cara Mudah Mengingat dan Menghafal Pelajaran


Tips Mudah Menghafal Pelajaran

Berbagai hal yang harus dilakukan dan termasuk didalam tips menhafal pelajaran tersebut dapat kamu ikuti seperti petunjuk-petunjuk yang akan dipublikasikan secara lengkap berikut ini:

1. Membuat Kesan
Kesan merupakan salah satu hal yang akan tetap lama diingin oleh seseorang. Dengan demikian maka membuat kesan pada setiap pelajaran yang dipelajari disekolah harus senantiasa kamu ciptakan. Dalam hal ini kamu harus membuat kesan objek pada sebuah pelajaran yang akan kamu ingan secara imajinatif dan berlebih-lebihan.

2. Memainkan Emosi
Dalam memainkan emosi berkaitan juga dengan membuat kesan, yaitu membuat kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan, dan kesedihan yang akan mudah untuk tetap diingat. Dengan membuat sebuah kesan dari perasaan hangat, maka perasaan tersebut akan membuat jantung kamu berdegup dengan kencang dan memancarkan kebahagiaan yang akan dapat membantu memori ingatan.

3. Repitisi
Dalam hal ini usahakan selalu agar tetap berkosentrasi penuh pada setiap materi yang sedang kamu pelajari. Materi yang dipelajari tersebut agar senantiasa pula diulang dengan cara yang berbeda dan kreatif, seperti halnya mengucapkannya dengan keras-keras dan lebih baik dibuat peta pikiran.

4. Memperhatikan Kata Penting
Hal yang penting untuk dibaca dibuat dengan hal yang menjadi spesial, seperti judul, sub judul, kata bercetak tebal, bergaris miring dan buatkanlah peta pikiran.

5. Baca Ulang
Upayakan agar kamu senantiasa memiliki waktu untuk mengulangi membaca kata-kata penting pada suatu kalimat, khususnya pada kalimat pertama pada setiap paragraf. Hal ini dilakukan karena pada umumnya ide utama setiap tulisan berada pada kalimat utama setiap paragraf.

6. Memahami Isi
Upayakan agar kamu dapat memahami isi dari setiap tulisan yang kamu baca. Dalam hal ini kamu dapat merenungkan kembali apa yang telah kamu peroleh dari sebuah tulisan yang sudah dibaca secara umum dan menyeluruh. Bila ada pertanyaan muncul dalam setiap tulisan yang sedang dibaca, maka upayakanlah untuk menjadi pertanyaan tersebut sedetail mungkin.

7. Membaca Bagian yang Menarik
Kamu juga dapat membaca bagian yang menurut kamu paling menarik atau sangat perlu untuk tetap diingat. Renungkanlah kembali apa yang telah kamu baca. Hal ini senantiasa diulang-ulang, serta upayakan untuk membuat peta pikiran.


TIPS DIATAS JUGA DAPAT DITERAPKAN DALAM MENGHAFAL BAHAN LOMBA CCA. KEEP FIGHTING!!



2) Tips and Trick - Cara Memulai Hari Indahmu 
 




Bangun tidur hari ini, apa hal pertama yang kamu liat dan pikirkan?

- Bagi yang tukang molor, mungkin hal pertama yang diliat adalah jam weker yang wajahnya udah bete abis karena dari tadi teriak-teriak tapi hanya dicuekin.

- Bagi yang mau ulangan, pikiran pertama kamu mungkin dipenuhi rumus-rumus or wajah garang Pak Guru saat membagi kertas soal.

Orang Inggris punya istilah "wake up from the wrong side of his/her bed." Bangun dari sisi ranjang yang salah. Istilah ini menggambarkan orang-orang yang dari seharian pasang muka bete, tiba-tiba suka ngomel gak jelas, diajak becanda langsung tersinggung, dll. "Mungkin dia salah bangun kali ya?" komentar temen-temennya. Yup, apa yang kamu rasakan sepanjang hari emang sering kali dipengaruhi oleh perasaanmu waktu bangun tidur.

Tapi, biarpun waktu bangun kita langsung ngeliat si Dogi lagi gigitin sandal kesayangan kita or langsung kena semprot nyokap gara-gara kesiangan, kita tetep bisa menjadikan hari kita jadi menyenangkan. Ini tipsnya:
___________________________________________________

1. Dimulai sejak malam.

Kurang tidur bisa bikin kamu bangun dengan bete. Tidur karena nangis or dongkol juga sama. Atur jam tidurmu. Jangan suka menunda membereskan masalah.Jangan juga suka menimbun rasa jengkel.
Doa biar Tuhan beri hikmat supaya kamu bisa nemuin solusi untuk masalahmu.
___________________________________________________

2. Bangun lebih pagi.

Bangun lebih pagi, sebelum matahari terbit, ketika rumah masih sepi, udara masih segar. Cobalah diam, mungkin sambil pejam mata
(tapi jangan tidur lagi!) dan rasakan damai dan tenang.
___________________________________________________

3. Saat teduh.

Ucapin syukur, doa, dan Sa-Te. Jangan mikir soal yang lain-lain dulu. Coba fokuslah pada Dia. Terima kasih untuk pagi ini, untuk satu lagi hari baru yang telah Ia beri. Resapi suasana damai ini.
___________________________________________________

4. Refresh.

Minum air putih. Lakukan olahraga kecil. Mungkin jalan-jalan keluar, jogging, senam, atau keluar ke halaman dan tarik nafas dalam-dalam, hembuskan lagi pelan-pelan. Mandi dengan air segar. Buat janji kalo hari ini pasti akan jadi hari yang baik buat kamu.
___________________________________________________

5. Sarapan.

Sarapan penting karena bisa menjaga energi kamu nggak terkuras sebelum makan siang.
___________________________________________________

6. Sapa orang-orang.

Senyum dan sapa nyokap, bokap, sodara, pembantu, tetangga, satpam komplek, tukang sayur, sopir angkot, pokoknya semua yang kamu temui. Senyum tuh bisa memantul loh. Coba kita senyum, pasti kita akan dapet senyum juga. Dan senyum bisa bikin hati kita tampak lebih cerah.
___________________________________________________

7. Stop complaining.

Waktu dah siap berangkat, eh tiba-tiba ujan.
Mungkin di tengah jalan, ternyata jalanan macet,
jemputan telat, motor mogok, dsb.
Mengeluh nggak akan mengubah apapun. Kenapa nggak buka buku lagumu sambil menunggu jemputan,
atau paling nggak anggap semua ini sebagai latihan kesabaran. OK?
___________________________________________________



Selamat mencoba dan Tuhan memberkati!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar