Minggu, 28 Juli 2013

KITAB ROMA


Kitab Roma merupakan salah satu kitab terpenting dalam Alkitab, dimana kitab ini dengan secara jelas dan sistematis menjelaskan mengenai Injil Yesus Kristus. Hal ini juga didukung dari kenyataan bahwa kitab Roma merupakan kitab pertama diantara kitab lainnya di Perjanjian Baru setelah keempat Injil dan kitab Kisah Para Rasul. Roma memberikan penjelasan yang sangat luas dan dalam mengenai isi pesan Injil, yaitu bahwa keselamatan adalah suatu kasih karunia Allah yang hanya bisa diperoleh lewat iman kepada Yesus Kristus.
.

Kitab Roma ditujukan kepada jemaat Allah di kota Roma, yang saat itu merupakan ibukota dari kerajaan Romawi. Paulus merupakan penulis kitab ini, dan para ahli Alkitab, baik liberal maupun konservatif, pun tidak ada menyangkali hal ini, sebab dalam kitab Roma kita bisa temukan ciri-ciri khas tulisan Paulus yang sangat unik.

Paulus menulis surat Roma saat ia hampir mengakhiri perjalanan missionarisnya yang terakhir (yang ketiga), yaitu ketika ia sedang bersiap untuk pergi ke Palestina untuk memberikan suatu persembahan kepada jemaat-jemaat yang miskin di Yerusalem (Roma 15:25). Dia menulis surat ini di kota Korintus, disekitar tahun 56 AD.

Dijaman Paulus hidup, Roma adalah kota terpenting dari kerajaan Romawi. Didirikan di tahun 753 BC, kota ini mempunyai penduduk sebanyak lebih dari 1 juta penduduk dijaman Perjanjian Baru. Kebanyakan dari mereka yang berada disana adalah budak-budak yang diperjual-belikan. Di sekitar kota ini juga, menurut tradisi, Paulus menjadi martir ketika Roma dibawah pemerintahan Kaisar kejam Nero (54-68AD).

Ada kemungkinan bahwa sebagian dari mereka yang bertobat saat hari Pentakosta (Kisah Rasul 2) berasal dari kota ini, dan merintis awalnya gereja di Roma saat mereka kembali. Paulus berkali-kali menyatakan keinginannya untuk menjenguk jemaat di Roma, tetapi selalu berhalangan. Tapi oleh providensia Allah, Paulus walaupun tidak bisa pergi kesana saat itu, menulis surat kepada jemaat Roma, dan lahirlah surat Roma yang masterpiece ini yang diinspirasi oleh ROH KUDUS sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar